Minggu, 14 Oktober 2018

Indonesia Makin Melek Ekonomi Digital, Ini Datanya

Dengan jumlah populasi yang besar, Indonesia mengalami laju pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi. Hal ini ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan startup yang valuasinya pun di atas US$ 1 miliar. Perusahaan-perusahaan tersebut berserak di sektor transportasi online, e-commerce, fintech, sampai agen travel.


Kecuali itu, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital juga ditandai dengan melonjaknya transaksi online. Termasuk pelaku perbankan yang mulai bergeser berebut pangsa yang masih betul-betul besar, seiring dengan tingginya penetrasi internet dan gadget. 

Dari data analisis Ernst & Young, pertumbuhan poin penjualan bisnis online di tanah air tiap-tiap tahun meningkat 40%. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon terampil di Indonesia. Tahun 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai US$ 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%.

Dari sisi pengguna jagad media sosial saja, Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar sebagai pengguna Facebook secara global, dan terbanyak di Asia Pasifik untuk Instagram. Kian meleknya masyarakat Indonesia pada teknologi, khususnya kalangan muda, mendukung fitech kian berkembang cepat dari tahun ke tahun yang menembus 240%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar